Mie Ongklok : Makanan Khas Wonosobo yang Menggoda

Anda pernah dengar kata Mie Ongklok? Apa itu Mie Ongklok?
Ya, Ini merupakan makanan khas dari Wonosobo, sebuah kota kecil nan sejuk karna memang hampir semua wilayahnya merupakan pegunungan. Wonosobo terletak di ditengah-tengah nya Jawa Tengah.

mie ongklok

Hampir di semua sudut kota Wonosobo ada penjual mie ongklok mulai di alun-alun kota sampai tersedia di kedai-kedai. Bagi anda yang traveling ke Wonosobo, biasanya para traveler berkunjung ke dieng atau naik ke gunung prau wajib hukumnya mencicipi makanan yang satu ini karena hanya terdapat di Wonosobo.

Soal rasa mie ongklok jangan ditanya. Setiap pulang ke wonosobo istri saya pasti selalu mengajak untuk membeli makanan yang satu ini karena rasanya yang sangat enak apalagi dimakan di daerah dingin seperti Wonosobo.

Mie Ongklok sendiri terdiri dari perpaduan mie kuning dengan kuah sedikit kental karna memang ada sidikit campuran tepung kanji. Kuahnya ada aroma rasa kaldu sapi dengan ditaburi kubis yang diiris kecil-kecil dan tidak ketinggalan juga ada taburan bawang goreng kering yang diiris kecil-kecil serta daun seledri diatasnya.Kemudian makanan pelengkap penyempurna sajian yaitu sate sapi nan menggoda beserta tempe kemul yang merupakan makanan khas wonosobo juga.

Saya pernah kuliah di jogja , bekerja di Surabaya ,dan sering berkunjung ke kota-kota lain di indonesia, tidak ada satupun makanan yang memiliki ke khas an seperti Mie Ongklok ini. Tertarik dengan Mie Ongklok??datang dan buktikan kelezatan nya dengan datang ke Wonosobo.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com