DISKUSI_3: Pengantar Sosiologi



Setelah Melihat Video. Kemukakan pendapat Anda dengan mengkaitkannya dengan bagaimana sosialisasi gender yang pernah Anda alami?

Jawaban :

Kesetaraan Gender merupakan hal menarik yang terus dibahas dimasyarakat kita ini pada umumnya. Hal ini tidak lepas tentunya dengan tuntutan zaman, dimana wanita tidak harus hanya melulu berkutat dirumah mengurus anak, memasak, dan hanya mengurus rumah tangga, lebih dari itu semua wanita modern sekarang juga punya hak yang sama dalam memperoleh pendidikan dan pekerjaan selayaknya laki-laki. Hal ini bisa kita lihat di dalam perkantoran dan jajaran pemerintahan kita. banyak anggota dewan yang dari kalangan perempuan dan banyak juga pekerja kantoran yang wanita.

Kesetaraan gender saat ini sudah umum di masyarakat, antara lain :

1. Dalam dunia pendidikan
Seorang wanita menjadi kepala sekolah dan mempunyai bawahan laki-laki, dengan keahlian yang dimilikinya seorang wanita berhak mendapatkan jabatan sesuai dengan keahliannya. tentu saja hal ini berbeda dengan jaman dahulu yang mengutakan laki-laki harus lebih unggul dari pada wanita.

2. Dalam dunia perbankan
Seorang wanita menjadi pimpinan suatu perbankan dan mempunyai bawahan laki-laki, dengan keahlian yang dimilikinya seorang wanita berhak mendapatkan jabatan sesuai dengan keahliannya. tentu saja hal ini berbeda dengan jaman dahulu yang mengutakan laki-laki harus lebih unggul dari pada wanita.

3. Seorang wanita menjadi supir truck
 
4. Seorang wanita menjadi pilot

5. Dan Masih Banyak Lagi.... 


Tentunya banyak pro dan kontra disini, ada anggapan yang saya dengar "bahwa jika wanita bekerja seharian di luar rumah, kapan dia harus mengurus anak-anaknya?" dan Ada pula pernyataan yang saya dengar "Jika wanita kerja dikantoran dan bertemu setiap hari dengan orang lain, lebih-lebih itu adalah lawan jenis apakah tidak bahaya terjadiperselingkuhan?"
 
Sederhana saja sebenarnya untuk menjawab pertanyaan diatas "bahwa jika wanita bekerja seharian di luar rumah, kapan dia harus mengurus anak-anaknya?" mengurus anak merupakan tugas bersama bukan hanya wanita dan disini peran sosialisasi dalam keluarga hal ini adalah pasangan suami -istri harus mencapai kata sepakat mengenai ijin suami atas pekerjaan seperti apa yang diperbolehkan sang istri.
kalau tentang statemen  "Jika wanita kerja dikantoran dan bertemu setiap hari dengan orang lain, lebih-lebih itu adalah lawan jenis apakah tidak bahaya terjadi perselingkuhan?"  ya kalau ini sih tergantung iman dan kometmen sang wanita, selingkuh juga bisa terjadi pada wanita yang hanya menganggur dirumah, kan sekarang medsos sangat gencar, bisa saja dari situ jika memang niat dan kesempatanya ada.

Intinya Sosialisasi  dengan mengedapankan persamaan Gender harus ada saling komunikasi yang sesuai antara keduabelah pihak. Laki-laki tahu mana yang harus dikerjakan dan Wanita tahu mana yang harus dilakukan intinya sesuai porsinya masing-masing, adil dalam pekerjaan dalam kontek persamaan Gender tidak harus bener-benar dipukul sama tapi sesuai kemampuan dan kapabilitas tentunya sesuai kodrat yang telah ditentukan tuhan.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com