Diskusi-2(PAJA-3345) : Pajak Daerah dan Retribusi Daerah


Anda diminta memberi respon terhadap pertanyaan berikut:

Bahwa 'Berakhirnya utang pajak itu dapat terjadi karena kompensasi', jelaskan apa artinya dan berikan contoh ilustrasi?

Jawaban

Kompensasi memang dapat menjadi penyebab berakhirnya utang pajak yaitu  Kompensasi atas kelebihan pembayaran pajak dan kompensasi karena kerugian ditahun sebelumnya.

Contoh:

PT Lie Ma Wat pada bulan januari 2018 membayar PPN 111 sebesar 100 juta dan telah melaporkan spt masa PPN. Setelah dilakukan koreksi oleh accounting PT lie ma wat trnyata trdapat kelebihan pembayaran pajak, pajak yang seharusnya dibayarkan adlah 70 juta. Kemudian di bulan februari 2018 PT Lie Ma Wat memiliki kewajiban  pajak PPN sebesar sebesar 30 juta. Maka atas lebih bayar PPN di masa januari 2018 bisa untuk menutup utang pajak PPN di masa februari 2018, dengan begitu berakhirlah utang pajak untuk masa februari 2018.


Atau Atas lebih bayar Sebesar 30 Juta itu bisa digunakan untuk menutup utang pajak dari sanksi administrasi misalnya. cara pelunasan utang pajak untuk sanksi administrasi karena Surat Tagihan Pajak (STP) harus melalui mekanisme Pbk(Pemindahbukuan). kenapa harus Pbk? kok ga bisa langsung? karena kode bayar untuk STP ini berbeda dengan Masa PPn biasa. 
 

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com