Diskusi Inisiasi 2 : Ilmu Sosial dan Budaya Dasar 21


Menurut Anda, apakah kebudayaan itu:
- tidak mungkin berubah;
- dapat berubah;
- pasti berubah.
Berikanlah argumentasi yang kuat terhadap pendapat Anda, bila perlu tunjukkan contoh-contoh kongkrit

Jawaban:

Sangat menarik tentunya ketika kita membahas mengenai perkembangan kebudayaan. menurut saya sendiri kebudayaan dapat berubah. kebudayaan suatu masyarakat dipengaruhi banyak faktor diantaranya perkembangan teknologi, globalisasi, pendidikan, ekonomi, lingkungan, dan tidak lupa kontur geografis suatu wilayah.


Sebagai gambaran mudahnya kalau kita lihat kebudayaan di jawa tempat saya tinggal. Ketika kecil dulu saya  tidak pernah satu katapun menyanggah apa pun printah orang tua, tapi sangat berbeda dengan anak zaman now yang saya lihat baru-baru ini. ketika sang ayah menyuruh anaknya untuk beribadah, si anak berkata " sek ta lah pak, sampan ae rokok an mosok aku dikongkon sholat". itu hanya sedikit contoh, ya walaupun si bapak menyuruh tanpa memberikan contoh tapi pada waktu dulu saya tidak berani bicara seperti itu ke bapak saya.

Kemudian ada hal yang lebih besar yang mempengaruhi kebudayaan uuntuk terus berubah. apa itu? Media sosial dan tayangan TV. ini sangat berdampak terhadap kebudayaan suatu bangsa. mohon maaf, dengan bebasnya akses internet membuat perkembangan gay menjadi lebih terang-terangan, seks bebas merajalela, dan tidak kalah aduhainya bagaimana kita bisa melihat dandanan wanita-wanita dengan pakaian kurang bahan..hal ini tidak terjadi di masa lampau sebelum arus globalisasi dan kebebasan dunia maya seperti sekarang ini, minimal walaupun ada tak sehebat sekarang ini.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com